Simulasi Wawancara Surveyor dengan Pemilik & Direktur RS Dalam Standar Kemenkes Akreditasi RS



Peserta :

  1. Rumah sakit : Pemilik dan atau representasi RS, Direktur/Direksi RS
  2. Surveior : semua surveior

Regulasi  yang disiapkan RS

  1. Corporate bylaws/peraturan internal RS/dokumen yang sesuai lainnya
  2. Visi dan Misi RS
  3. Renstra RS
  4. RKA/RBA/DPA/DIPA
  5. Program/strategi  pendidikan staf klinis
  6. Program PMKP

SIMULASI PERTANYAAN WAWANCARA PEMILIK DAN ATAU REPRESENTASI PEMILIK

  1. Bagaimana proses persetujuan rencana strategis dan anggaran modal dan operasional rumah sakit?
  2. Bagaimanakah struktur organisasi pemilik termasuk  representasi pemilik ? Dan representasi pemilik terdiri dari siapa saja  dan bagaimanakah melakukan evaluasi kinerja representasi pemilik ?
  3. Bagaimanakah kualifikasi Direktur RS yang ditetapkan oleh pemilik ? Dan bagaimana  Penilaian kinerja dan frekuensi penilaian kinerja Direktur RS oleh pemilik ?
  4. Bagaimana proses penetapan , review dan publikasi misi RS oleh pemilik/representasi pemilik.
  5. Apa saja strategi dan program peserta didik staf klinis di RS dan bagaimana pengawasan mutu program peserta didik staf klinis tersebut ?
  6. Bagaimanakah persetujuan atas strategi dan program peserta didik staf klinis dan penelitian klinis.   (Elemen penilaian ini hanya untuk Rumah Sakit yang mempunyai peserta didik klinis)
  7. Bagaimana proses persetujuan Program peningkatan mutu dan keselamatan pasien rumah sakit oleh pemilik atau representasi pemilik
  8. Bagaimana pelaporan  program PMKP dari Direktur kepada pemilik atau representasi pemilik (Ketepatan, kelengkapan, tindak lanjut setelah laporan diterima)

SIMULASI WAWANCARA DIREKTUR/DIREKSI RS

  1. Bagaimana proses pengusulan renstra dan anggaran RS
  2. Bagaimana Direktur RS dapat memastikan kalau staf telah mematuhi  regulasi di RS ?
  3. Bagaimana menindak-lanjuti  hasil pemeriksaan dari badan diluar RS
  4. Bagaimanakah proses penyusunan program PMKP di RS
  5. Bagaimana anda memilih area prioritas yang bersifat menyeluruh di rumah sakit ? Apa saja indikator mutu pada area prioritas tersebut ?
  6. Bagaimana penggunaan IT untuk sistem manajemen data
  7. Bagaimana Direktur RS melakukan pemantauan, pengumpulan dan analisa data serta tindak lanjut, berikan contoh
  8. Terkait dengan PMKP, Pelaporan apa saja yang dilaporkan ke pemilik/representasi pemilik
  9. Indikator mutu apa saja yang sudah dilaporkan ke badan diluar RS/Kemkes dan indikator mutu apa saja yang sudah dilakukan benchmark data dengan database ekternal ? dan bagaimana menjamin keamanan dan kerahasiaannya
  10. Bagaimanakah proses untuk mengkomunikasikan/mensosialisasikan informasi mengenai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien kepada staf rumah sakit?
  11. Bagaimana anda melibatkan vendor/layanan outsourcing anda dalam program PMKP
  12. Bagaimana pemantauan mutu dari pelayanan para dokter yang bekerja di RS ? (Full time dan part time)
  13. Bagaimana Direktur RS memastikan asuhan pasien tidak melanggar norma-norma bisnis, keuangan, etik dan hukum ?
  14. Bagaimana Direktur RS memastikan bahwa pasien ditagih secara wajar ?
  15. Bagaimana Direktur RS Memastikan audit penagihan ke pasien sudah dilaksanakan ?
  16. Bagaimana proses untuk mengatasi masalah dilema etik dalam asuhan pasien dan  dilema etik yang terkait dengan keuangan ? Apakah staf tertentu terlibat dalam isu tertentu, ataukah ada suatu komite? Apakah Anda menggunakan sumber daya dari luar rumah sakit juga?
  17. Bagaimana kode etik perilaku disusun? Siapa yang memberikan masukan dalam hal-hal yang tercantum dalam kode etik tersebut? Bagaimana Anda mengajarkan kode etik tersebut kepada
  18. Bagaimana Anda menemukan dan mengatasi masalah terkait budaya rasa aman?
  19. Bagaimana pelaporan masalah budaya rasa aman? Bisakah Anda memberikancontoh beberapa masalah yang pernah dilaporkan dan cara penanganan masalah tersebut?
  20. Bagaimana sistem pelaporan, analisa  dan tindak lanjut insiden keselamatan pasien Berikan contoh kejadian sentinel yang berujung pada perbaikan dalam hal keselamatan.
  21. Bagaimana RS menghormati hak pasien
  22. Bagaimana keterlibatan Direktur RS dalam penyusunan kegiatan PONEK
  23. Bagaimana keterlibatan Direktur RS dalam penyusunan kegiatan penanggulangan HIV/AIDS
  24. Bagaimana keterlibatan Direktur RS dalam penyusunan kegiatan DOTS TB
  25. Bagaimana keterlibatan Direktur RS dalam penyusunan kegiatan KB RS

Untuk mendapatkan file Pokja STANDAR Kemenkes 2022 dalam bentuk Word mulai dari Regulasi sampai dengan Implementasi Standar Kemenkes terbaru silahkan whatsapp 081242949477 

Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Simulasi Wawancara Surveyor dengan Pemilik & Direktur RS Dalam Standar Kemenkes Akreditasi RS"