Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Dalam memberikan pelayanan, rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang memiliki karakter aman, tepat waktu, efisien, efektif, berorientasi pada pasien, adil dan terintegrasi. Pemenuhan mutu pelayanan di rumah sakit dilakukan dengan dua cara yaitu peningkatan mutu secara internal dan peningkatan mutu secara eksternal.
Peningkatan Mutu Internal (Internal Continous Quality Improvement) yaitu rumah sakit melakukan upaya peningkatan mutu secara berkala antara lain penetapan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi indikator mutu serta pelaporan insiden keselamatan pasien. Peningkatan mutu secara internal ini menjadi hal terpenting bagi rumah sakit untuk menjamin mutu pelayanan. Peningkatan Mutu Eksternal (External Continous Quality Improvement) merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit secara keseluruhan. Beberapa kegiatan yang termasuk peningkatan mutu eksternal adalah perizinan, sertifikasi, dan akreditasi. Rumah sakit melakukan peningkatan mutu internal dan eksternal secara berkesinambungan (continuous quality improvement).
Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu
pelayanan rumah sakit setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah
memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh Pemerintah. Pada bulan Desember
2021 Kementerian Kesehatan mencatat 3.120 rumah sakit telah teregistrasi.
Sebanyak 2.482 atau 78,8% rumah sakit telah terakreditasi dan 638 rumah sakit
atau 21,2% belum terakreditasi.
Upaya percepatan akreditasi rumah sakit mengalami beberapa kendala antara lain adanya isu atau keluhan terkait lembaga penilai akreditasi yang juga melakukan workshop atau bimbingan, penilaian akreditasi dianggap mahal, masih kurangnya peran pemerintah derah dan pemilik rumah sakit dalam pemenuhan syarat akreditasi, akuntabilitas lembaga, dan lain-lain.
Pemerintah mengharapkan pada tahun 2024 seluruh rumah sakit di Indonesia telah terakreditasi sesuai dengan target RPJMN tahun 2020 – 2024. Dalam upaya meningkatkan cakupan akreditasi rumah sakit, Pemerintah mendorong terbentuknya lembaga-lembaga independen penyelenggara akreditasi serta transformasi sistem akreditasi rumah sakit. Sejalan dengan terbentuknya lembaga-lembaga independen penyelenggara akreditasi maka perlu ditetapkan standar akreditasi rumah sakit yang akan dipergunakan oleh seluruh lembaga independen penyelenggara akreditasi rumah sakit dalam melaksanakan penilaian akreditasi.
Namun ada banyak yang
belum mengetahui cara surveyor melakukan penilaian dengan metode telusur
tertutup Rekam Medis? Oleh karena itu berikut saya akan uraiakan gambaran simulasi metode
telusur Rekam MEDIS tertutup
NAMA RUMAH SAKIT |
: |
ALAMAT RUMAH
SAKIT |
: |
TANGGAL SURVEI |
: |
NAMA SURVEIOR |
: |
KATEGORI
SURVEIOR |
: |
REKAM
MEDIS : |
I |
II |
III |
|
|||||||||||||||||||||||||||
NOMER
REKAM MEDIS :
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
DIAGNOSA
: |
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
PERSETUJUAN (CONSENT) |
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
DOKUMEN YANG
DIMINTA |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Total Y/T |
|
|||||||||||||||||||
|
Persetujuan
Umum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
DOKUMEN YANG
DIMINTA |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Total Y/T |
|
|||||||||||||||||||
|
Persetujuan operasi dan tindakan invasif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Persetujuan
Anestesi dan sedasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
Persetujuan
transfusi darah dan produk darah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
Persetujuan tindakan dan prosedur risiko tinggi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
|
Persetujuan
riset, penyelidikan dan percobaan klinik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Risiko,
keuntungan dan anestesi alternative |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Risiko, keuntungan, komplikasi, dan alternatif operasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
ASESMEN |
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
DOKUMEN YANG
DIMINTA |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Total Y/T |
|
|||||||||||||||||||
|
Kebutuhan
medis pasien |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Kebutuhan
keperawatan pasien |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen
medis selama 24 jam, di update jika berumur lebih dari 30 hari |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Asesmen
keperawatan selama 24 jam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
TELAAH REKAM MEDIS LANJUTAN |
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
DOKUMEN YANG
DIMINTA |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Total Y/T |
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen
terdokumentasi dalam 24 jam setelah masuk dirawat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen medis
terdokumentasi sebelum operasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen gizi
dan status fungsional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen nyeri
saat masuk |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen dan asesmen
ulang pasien yang akan meninggal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen untuk kebutuhan khusus (misal: gigi, pendengaran,
mata, dll) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen awal
untuk rencana keluar/pemulangan pasien dari rumah sakit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen setiap hari oleh dokter untuk pasien akut (SOAP) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Ukuran
keberhasilan dari rencana asuhan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen
kebutuhan pendidikan pasien dan keluarga |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen pra
sedasi (moderat dan dalam) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Monitoring
selama sedasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
Kriteria sadar
kembali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
|
Asesmen pra anestesi dan pra-induksi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Daftar obat
yang diminum sebelum dirawat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Jenis obat
yang diresepkan dicatat di rekam medis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Efek obat yang
tidak diharapkan (adverse effect) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
DOKUMEN YANG
DIMINTA |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Y |
T |
TDD |
Total Y/T |
|
|||||||||||||||||||
|
Asesmen meliputi hal-hal sebagai berikut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Pencatatan, tanggal, waktu dari setiap entri data |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Pencatatan setiap
keterlambatan tindakan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Rencana asuhan
pada pasien |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Resume pulang memuat sebagai berikut:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
Rekam medik
pasien dirujuk memuat:
|
|
Post a Comment for "Simulasi Telaah Rekam Medis Tertutup Survey Akreditas RS Standar Kemenkes 2022"