Pertemuan Pra Kegiatan Survei Akreditasi (H-1)
- Sehari sebelum kegiatan akreditasi
- Dipimpin oleh ketua tim surveior
- Dihadiri:
- Kepala Puskesmas
- Penanggung jawab mutu Puskesmas,
- Didampingi oleh salah satu Kepala Bidang dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
- Semua anggota tim surveior
Tujuan Pertemuan H-1
- Tujuan, jadual, proses survei akreditasi
- Perkenalan surveior
- Kode etik surveior
- Kepala Puskesmas wajib berada di Puskesmas selama survei berlangsung (surat pernyataan)
- Pernyataan surveior untuk menjaga kerahasiaan (Surat Pernyataan Surveyor)
Hari Pertama | ||||
Waktu | Surveior Manajemen | Surveior Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) | Surveior Klinis | Penanggung jawab acara |
08.00 – 08.30 | Pembukaan pertemuan:
|
Kepala Puskesmas Ketua Tim Surveior | ||
08.30 – 09.30 | Presentasi Kepala Puskesmas tentang Garis Besar Kegiatan dan Upaya Puskesmas, dan upaya peningkatan mutu dan kinerja | Kepala Puskesmas Ketua Tim Surveior | ||
09.30 – 09.45 | Rehat kopi: Surveior meminta:
|
Ketua Tim Surveior | ||
09.45 – 12.00 | Telaah dokumen manajemen | Telaah dokumen UKM | Telaah dokumen pelayanan klinis | Ketua Tim Surveior |
12.00 – 12.30 | Telaah dokumen manajemen | Telaah dokumen UKM | Telaah rekam medis tertutup | Ketua Tim Surveior |
12.30 – 13.30 | Ishoma | |||
13.30 – 15.30 | Telusur Sistem Manajemen | Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM | Telusur sistem pelayanan klinis | Ketua Tim Surveior |
15.30 – 16.00 | Pertemuan Tim Surveior | Ketua Tim Surveior |
Hari Kedua | ||||
Surveior manajemen | Surveior Upaya Puskesmas | Surveior Pelayanan Klinis | ||
08.00 – 08.45 | Klarifikasi dan masukan | Ketua Tim Surveior | ||
Telusur Sistem Manajemen | Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM | Telusur sistem pelayanan klinis | Ketua Tim Surveior | |
08.45 – 09.00 | Rehat Kopi | |||
09.00 – 12.00 | Telusur Sistem Manajemen | Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM | Telusur sistem pelayanan klinis | Ketua Tim Surveior |
12.00 – 13.00 | Ishoma | |||
13.00 – 14.30 | Telusur Sistem Manajemen | Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM | Telusur sistem pelayanan klinis | Ketua Tim Surveior |
14.30 – 15.30 | Telusur Sistem Manajemen | Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM | Telusur rekam medis terbuka dan wawancara pasien | Ketua Tim Surveior |
15.30 – 16.00 | Pertemuan Tim Surveior | Ketua Tim Surveior |
Hari Ketiga | ||||
Surveior manajemen | Surveior Upaya Puskesmas | Surveior Pelayanan Klinis | ||
08.00 – 08.45 | Klarifikasi dan Masukan | Ketua Tim Surveior | ||
08.45 – 09.30 | Wawancara pimpinan | Ketua Tim Surveior | ||
09.30 – 09.45 | Rehat Kopi | |||
09.45 – 12.30 | Telusur ke tokoh masyarakat dan lintas sector | Telusur ke tokoh masyarakat dan lintas sektor | Telusur sistem pelayanan klinis | Ketua Tim Surveior |
12.30 – 13.30 | ISHOMA | |||
13.30 – 14.30 | Pemeriksaan fasilitas | Telusur ke tokoh masyarakat dan lintas sektor | Telusur sistem pelayanan klinis | Ketua Tim Surveior |
14.30 – 15.30 | Penyusunan Laporan (rapat internal surveior) | |||
15.30 – 16.30 | Exit Conference Penutupan | Kepala Puskesmas Ketua Tim Surveior |
Pembelian Masukan dan klarifikasi
- Awal hari ke dua dan awal hari ke tiga: masukan dan klarifikasi terhadap fakta-fakta yang diperoleh
- Surveior pada malam sebelumnya: pertemuan internal persiapan paparan pd saat masukan & klarifikasi
- Fakta-fakta baik yang positif maupun yang belum sesuai dengan kriteria/standar secara garis besar, dan memberikan saran/masukan.
- Penyampaian paparan dapat diwakili oleh salah satu surveior atau dapat disampaikan bergantian lebih-kurang dalam waktu 45 menit dan dilanjutkan tanggapan dari Puskesmas selama 15 menit.
- Pada hari ketiga dilakukan wawancara pimpinan yang bertujuan untuk :
- menggali lebih dalam bagaimana Kepala Puskesmas bersama para penanggung jawab UKM dan UKP merencanakan dan mengelola kegiatan Puskesmas, melakukan pengukuran kinerja, dan komitmen untuk meningkatkan mutu dan kinerja Puskesmas, serta keselamatan pasien
- Pertemuan ini dipimpin oleh Surveior administrasi dan manajemen.
- Bagaimana proses perencanaan dilakukan di Puskesmas (baik perencanaan lima tahunan, rencana tahunan, dan bagaimana menjabarkan dalam rencana kegiatan bulanan)
- Bagaimana mengintegrasikan ukp dan ukm
- Apakah dilakukan prioritas baik dalam pelayanan UKP maupun UKM, dasar melakukan prioritas.
- Bagaimana mengintegrasikan kegiatan UKP dan UKM
- Bagaimana koordinasi dan komunikasi dilakukan
- Bagaimana pengorganisasian dalam pelaksanaan kegiatan UKP dan UKM
- Bagaimana penilaian kinerja UKM dan UKP dilakukan, bagaimana penetapan indicator kinerja, bagaimana cara penilaian, monitoring dan tindak lanjutnya?
- Bagaimana mengupayakan peningkatan kinerja karyawan
- Rencana kedepan setelah akreditasi untuk meningkatkan kinerja dan memelihara upaya peningkatan mutu
- Bagaimana dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten terhadap peningkatan mutu dan kinerja Puskesmas dan keselamatan pasien
- Visi ke depan Puskesmas dan dinas kesehatan untuk peningkatan mutu, kinerja, dan keselamatan pasien di Puskesmas-Puskesmas di wilayah kerja
Wawancara lintas sektor dan masyarakat
- Bagaimana pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan lintas sektor dalam kegiatan Puskesmas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan monitoring dan evaluasi
- Wawancara ini dapat dilakukan dengan cara lintas sektor dan wakil tokoh masyarakat diundang ke Puskesmas, atau
- Surveior administrasi manajemen dan surveior UKM melakukan kunjungan ke lintas sektor dan tokoh masyarakat.
- Jika wawancara dilakukan di Puskesmas, maka pertemuan tersebut dapat dipimpin oleh surveior UKM.
Pertanyaan Pemandu
- Bagaimana keterlibatan lintas sektor dalam perencanaan Puskesmas
- Bagaimana keterlibatan tokoh masyarakat dalam perencanaan Puskesmas
- Bagaimana keterlibatan Puskesmas dalam musrenbang
- Bagaimana keterlibatan Puskesmas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan masyarakat di desa/kecamatan
- Bagaimana pelaksanaan SMD dan MMD
- Bagaimana proses penjadwalan kegiatan Puskesmas di desa ketika ada kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa
- Apakah kecamatan dan lintas sektor memperoleh jadual kegiatan Puskesmas di desa
- Bagaimana keterlibatan lintas sektor, tokoh masyarakat, dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas di masyarakat
- Bagaimana keterilbatan lintas sektor, tokoh masyarakat dalam monitoring dan evaluasi kinerja pelayanan Puskesmas
- Pertemuan penutup yang dipimpin oleh Ketua Tim Surveior.
- Ketua Tim Surveior (dan anggota) menyampaikan secara garis besar fakta-fakta yang diperoleh selama survei baik yang positif maupun yang belum sesuai dengan standar ataupun kriteria dan memberikan garis besar rekomendasi yang perlu ditindak lanjuti oleh Puskesmas.
- Surveior tidak diperkenankan menunjukkan hasil penilaian dan memberitahukan status akreditasi hasil penilaian.
- Setelah menyampaikan fakta dan rekomendasi, surveior menyatakan bahwa survei telah selesai dilakukan dan menyerahkan kembali acara kepada Kepala Puskesmas.
Post a Comment for "Simulasi Wawancara Pimpinan dan Wawancara Masyarakat dalam Akreditasi PUSKESMAS"