Peran Vital Perawat, Ini Pernyataannya


”Perawat adalah orang yang mengurus dan melindungi​—orang yang dipersiapkan untuk merawat orang yang sakit, cedera, dan lanjut usia.”​—Nursing in Today’s World​—Challenges, Issues, and Trends.
Litetasi Perawat ~ SIFAT tidak mementingkan diri, meski sangat penting, masih belum cukup sebagai bekal seorang perawat yang terampil. Perawat yang baik juga membutuhkan latihan yang ekstensif dan pengalaman yang luas.

Salah satu syarat yang sangat penting adalah pendidikan dan pelatihan praktis yang lamanya berkisar antara satu hingga empat tahun bahkan lebih. Namun, sifat-sifat apa saja yang harus dimiliki seorang perawat yang baik? Perhatikan beberapa jawaban dari para perawat berpengalaman:

  1. "Dokter bertugas menyembuhkan, sedangkan perawat bertugas memberikan perhatian kepada pasien. Sering kali, hal itu mencakup membangkitkan semangat pasien yang menderita luka fisik maupun emosi, misalnya sewaktu mereka diberi tahu bahwa mereka sedang mengidap penyakit kronis atau bahwa umur mereka tidak akan lama lagi. Perawat harus menjadi figur ibu bagi orang yang sakit.”​—Carmen Gilmartín, perawat Spanyol.
  2. "Dibutuhkan kesanggupan untuk turut merasakan rasa nyeri dan penderitaan pasien serta keinginan untuk menolongnya. Kebaikan hati dan kepanjangsabaran sangat penting. Perawat harus selalu ingin belajar lebih banyak tentang ilmu keperawatan dan medis.”​—Tadashi Hatano, Jepang.
  3. "Dalam tahun-tahun belakangan ini, perawat semakin membutuhkan pengetahuan profesional. Oleh karena itu, semangat belajar dan kemampuan untuk mengerti apa yang sedang dipelajari sangatlah penting. Selain itu, perawat harus sigap dalam membaca keadaan dan mengambil tindakan sesuai dengan tuntutan situasi.”​—Keiko Kawane, Jepang.
  4. "Sebagai perawat, kita harus selalu bersikap hangat. Kita harus toleran dan berempati.”​—Araceli García Padilla, Meksiko.
  5. "Seorang perawat yang baik haruslah gemar belajar, berpengamatan jeli, dan sangat profesional. Jika seorang perawat tidak rela berkorban​—jika ia mau menang sendiri atau tersinggung bila diberi saran oleh atasannya​—perawat itu tidak akan cocok dengan pasien maupun dengan rekan-rekannya.”​—Rosângela Santos, Brasil.
  6. "Ada beberapa sifat yang mutlak dibutuhkan: fleksibel, toleran, dan sabar. Perawat juga harus berpikiran terbuka, memiliki kesanggupan untuk rukun dengan rekan sejawat maupun atasannya. Ia harus cepat menguasai keterampilan baru supaya dapat tetap efisien.”​—Marc Koehler, Prancis.
  7. "Perawat harus menyukai orang dan harus punya keinginan besar untuk menolong orang lain. Ia harus sanggup mengatasi stres, karena dalam dunia keperawatan, ia tidak boleh melakukan kekeliruan sedikit pun. Ia harus mudah menyesuaikan diri agar dapat melakukan pekerjaan rutin sekalipun dengan sedikit rekan sekerja​—tanpa mengorbankan mutu pekerjaannya.” ​—Claudia Rijker-​Baker, Belanda.

http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Vital Perawat, Ini Pernyataannya"

Post a Comment