Gerakan Perawat Dalam Mendukung Praktik Keperawatan Mandiri


Literasi Perawat ~ PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA (PPNI) merupakan Organisasi Profesi Perawat, wadah yang menghimpun Perawat secara nasional. Organisasi berbadan hukum  yang kini pada 17 Maret 2018 tepat berusia 44 tahun, secara konsisten memperjuangkan terwujudnya peningkatan kesejahteraan anggotanya. Kesejahteraan dalam pengertian luas, mencakup tata kehidupan dan penghidupan baik material maupun spiritual yang diliputi rasa keselamatan, kesusilaan, ketentraman, sehingga memungkinkan setiap Perawat dapat memenuhi kebutuhan jasmani, rohani, dan sosialnya dengan sebaik-baiknya bagi diri maupun keluarganya.

Momentum ulang tahun kali ini, digunakan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan Perawat melalui “Gerakan Perawat dalam Mendukung Praktik Keperawatan Mandiri”. Untuk mewujudkan gerakan tersebut, DPP PPNI telah menetapkan Pedoman Praktik Keperawatan Mandiri sebagai panduan bagi semua perawat dalam melakukan praktik keperawatan mandiri guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Praktik Keperawatan Mandiri ini sejalan dengan  program Pemerintah, dimana Presiden RI telah merumuskan 9 agenda prioritas dalam Nawa Cita Pembanguan Nasional. Salah satu fokusnya adalah pada Peningkatan Kualitas Hidup Manusia dan Kesejahteraan Masyarakat, yang dikemas dalam Program Indonesia Sehat. Perwujudan program tersebut antara lain melalui Paradigm Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Gerakan Praktik Keperawatan Mandiri yang dicanangkan sejak 2017 lalu, adalah kebijakan PPNI untuk membantu mewujudkan program Pemerintah. Melalui gerakan ini diharapkan Perawat segera melakukan praktik mandiri melalui asuhan keperawatan baik terhadap Klien individu, keluarga, masyarakat, maupun kelompok khusus, dalam kondisi sehat maupun sakit. Praktik Keperawatan Mandiri ini dapat dilakukan secara perorangan ataupun berkelompok ditempat praktik mandiri diluar fasilitas pelayanan kesehatan. Praktik ini berbentuk asuhan keperawatan yang bertujuan untuk memandirikan klien yang membutuhkan bantuan karena ketidaktahuan, ketidakmampuan dan ketidakmauan memenuhi kebutuhan dasar dan merawat dirinya.

Agenda tahunan ini juga diisi dengan berbagai aksi nyata telah di Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, baik berupa kegiatan ilmiah (seminar, workshop, dan pelatihan) maupun pengabdian kepada masyarakat seperti penyuluhan kesehatan, dan lomba kesehatan, pembentukan dan pembinaan posyandu, posbindu, pembinaan rumah sehat dan desa sehat, dan sebagainya.

Sumber : PPNI

http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerakan Perawat Dalam Mendukung Praktik Keperawatan Mandiri"

Post a Comment