Free Download Buku Pedoman Praktik Keperawatan Mandiri

Literasi Perawat ~ Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan, Praktik Keperawatan adalah pelayanan yang diberikan oleh perawat dalam nentuk asuhan keperawatan. Asuhan Keperawatan sebagai inti dari Praktik Keperawatan adalah kegiatan interaksi perawat dengan klien dan lingkungannya untuk mencapai pemenuhan kebutuhan dan kemandirian Klien dalam merawat dirinya.

Praktik keperawatan dapat dilaksanakan di fasilitas kesehatan dan tempat lainnya sesuai dengan klien sasarannya. Praktik keperawatan pada tempat lainnya sesuai dengan klien sasarannya dapat dilaksanakan melalui Praktik Keperawatan Mandiri yang didasarkan pada prinsip kebutuhan pelayanan kesehatan dan/atau Keperawatan masyarakat dalam suatu wilayah baik perorangan maupun berkelompok. Praktik Keperawatan Mandiri merupakan salah satu upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Keperawatan yang terdiri dari pengkajian, penetapan diagnosis dan intervensi terhadap respons manusia, mempersyaratkan perawat untuk memandang dan memperlakukan manusia secara manusiawi sebagai mahluk yang utuh dan unik dengan beragam bentuk dan 
tingkat kebutuhan manusia. Asuhan keperawatan diberikan secara komprehensif dengan mempertimbangkan aspek bio-psiko-sosial-budaya dan pelayanan keperawatan yang menangani respon manusia dalam menghadapi masalah kesehatan menyangkut pemenuhan kebutuhan dasar manusia sesuai dengan ilmu dan dan seni keperawatan. Metode yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan proses keperawatan sebagai metode ilmiah dalam penyelesaian masalah keperawatan. Intervensi keperawatan terhadap klien dilakukan oleh perawat secara mandiri atau kolaboratif.

Untuk melaksanakan tugasnya, seorang perawat perlu memahami fokus telaahan 
keperawatan meliputi kebutuhan dasar manusia, penyimpangan dan upaya pemenuhan kebutuhan dasar yang menyimpang tersebut. Hal tersebut merupakan lingkup garapank Keilmuan yang berorientasi pada mengatasi tiga bentuk kelemahan yaitu kelemahan karena ketidaktahuan, ketidakmauan dan ketidakmampuan. Tujuan praktik keperawatan pada sistem klien adalah untuk memandirikan klien agar mampu memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri (self-care deficit) melalui berbagai intervensi keperawatan yang tepat oleh Perawat yang memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan. Praktik perawat diberikan sesuai dengan lingkup wewenang dan tanggung jawab profesional, antara lain lingkup masalah keperawatan pada penyakit akut, kronis, penyakit degeneratif, penyakit menular dan tidak menular, penyakit terminal, gangguan pertumbuhan dan perkembangan, masalah kekerasan atau salah asuh dan lain-lain.

Praktik Keperawatan Mandiri, hingga saat ini masih mengalami kendala baik pada kehidupan keprofesian, tatanan kebijakan maupun pada pelaksanaan di praktik lapangan. 

Mengingat pentingnya mendekatkan pelayanan kesehatan melalui Praktik Keperawatan Mandiri, maka diperlukan panduan atau petunjuk pelaksanaan bagi perawat untuk menyelenggarakan praktik perawat secara perorangan ataupun berkelompok.

Untuk mendapatkan buku Pedoman Praktek Keperawatan Mandiri , Silahkan download dengan cara:

http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Free Download Buku Pedoman Praktik Keperawatan Mandiri"

Post a Comment