Free Download Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) 2018 Edisi 1


Literasi Perawat ~ Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia dilaksanakan untuk menilai kepatuhan rumah sakit terhadap standa akreditasi. Akreditasi rumah sakit yang sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 1995 di Indonesia, selama ini menggunakan standar akreditasi berdasarkan tahun berapa standar tersebut mulai dipergunakan untuk penilaian, sehingga selama ini belum pernah ada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia, sedangkan status akreditasi saat ini ada status akreditasi nasional dan status akreditasi internasional, maka di Indonesia perlu ada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. Berdasarkan hal tersebut maka standar akreditasi untuk rumah sakit yang mulai diberlakukan pada Januari 2018 ini diberi nama Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 dan disingkat menjadi SNARS Edisi 1.

Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1, merupakan standar akreditasi baru yang bersifat nasional dan diberlakukan secara nasional di Indonesia. Disebut dengan edisi 1, karena di Indonesia baru pertama kali ditetapkan standar nasional untuk akreditasi rumah sakit.

Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi 1 (SNARS edisi 1) ini berlaku 1 Januari 2018 meliputi standar pelayanan berfokus pada pasien, standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien, program nasional dan Integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan di rumah sakit.

Untuk rumah sakit yang akan habis masa berlaku sertifikat akreditasinya pada tahun 2018 atau akan melakukan survei akreditasi pada tahun 2018 sudah menggunakan SNARS edisi 1 tidak lagi menggunakan standar akreditasi versi 2012. Standar Akreditasi versi 2012 hanya berlaku sampai dengan 31 Desember 2017.

Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi 1 berisi 16 bab. Dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 yang selanjutnya disebut SNARS Edisi 1 ini juga dijelaskan bagaimana proses penyusunan, penambahan bab penting pada SNARS Edisi 1 ini, referensi dari setiap bab dan juga glosarium istilah-istilah penting, termasuk juga kebijakan pelaksanaan akreditasi rumah sakit.
  1. IPKP
  2. Program Nasional
  3. Sasaran Keselamatan Pasien

Kelompok Standar Pelayanan Berfokus Pada Pasien
  1. Bab 1 Akses Rumah Sakit Kontinuitas
  2. Bab 2 Hak Pasien dan Keluarga
  3. Bab 3 Assesmen Pasien
  4. Bab 4 Pelayanan dan Asuhan Pasien
  5. Bab 5 Pelayanan Anestesi dan Bedah
  6. Bab 6 PKPO
  7. Bab 7 MKE

Kelompok Standar Manajemen Rumah Sakit
  1. Bab 1 PMKP
  2. Bab 2 PPI
  3. Bab 3 TKRS
  4. Bab 4 MFK
  5. Bab 5 KKS
  6. Bab 6 MIRM

Bahan Presentasi dan Penjelasan
  1. Peningkatan Mutu Keselamatan Pasien
  2. Assemen Pasien
  3. Pelayanan Asuhan Pasien
  4. Pelayanan Anestesi Bedah
  5. Manajamen Fasiltas Keselamatan
  6. Hak Pasien Keluarga
  7. Kompetensi Kewenangan Staf
  8. Akses Rumah Sakit Kontinuitas
  9. Manajemen Informasi Rekam Medik
  10. Manajemen Komunikasi Edukasi
  11. Pelayanan Kefarmasian Penggunaan Obat
  12. Pencegahan Penanggulangan Infeksi
  13. Program Nasional
  14. Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan
  15. Penyelenggaraan Pengendalian Resistensi Antimikroba
  16. Pengantar SNARS




Sumber:
https://galihendradita.wordpress.com

http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Free Download Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) 2018 Edisi 1"

Post a Comment