Solusi Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Cepat

SLPI - Ada beberapa hal yang menyebabkan hidung tersembat, tetapi tetap saja kondisi tersebut terasa mengganggu, baik ketika terjadi secara sementara atau sebagai gejala penyakit yang kronis. Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh cuaca dingin atau infeksi, alergi, atau masalah kesehatan lain (mis. struktur sinus atau hidung). Untungnya, ada banyak obat yang bisa meredakan hidung tersumbat. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan alami untuk meredakannya.

Keluarkan lendir dari setiap lubang hidung, satu per satu. 

Tutup satu lubang hidung dengan ibu jari sembari Anda mengeluarkan napas melalui lubang hidung yang lain, kemudian beralihlah ke lubang hidung yang lain. Langkah ini mencegah penumpukan pada rongga hidung dan dapat mengeluarkan lendir lebih efektif dibandingkan ketika Anda mengeluarkan lendir hidung dalam cara “normal” (mis. tidak menutup salah satu lubang hidung). Pastikan Anda mencuci tangan setelah mengeluarkan lendir dari hidung.


Bersihkan lubang hidung dengan larutan garam

Campurkan ½ sendok makan garam dan ½ sendok makan soda kue dengan 240 mililiter air distilasi bersuhu ruangan. Aduk dengan merata hingga garam larut dalam air. Setelah itu, miringkan kepala dan gunakan suntikan telinga berbahan plastik untuk menyemprotkan air garam ke satu lubang hidung. Larutan tersebut nantinya akan turun ke tonggorokan sehingga Anda bisa memuntahkannya, meskipun sebenarnya tidak masalah jika Anda tidak sengaja menelannya sedikit. Ulangi proses untuk lubang hidung yang lain.  Anda juga bisa membeli produk larutan garam di apotek.

Gunakan neti pot

Neti pot membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari rongga hidung. Ikuti petunjuk yang disertakan dalam paket pembelian neti pot. Secara umum, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakannya:
  • Buatlah larutan pembersih dengan mencampurkan 500 mililiter air hangat (dan steril) dengan satu sendok makan garam. Setelah itu, isi neti pot dengan larutan tersebut.
  • Berdirilah di depan wastafel atau di kamar mandi. Miringkan kepala ke samping agar dahi Anda sejajar dengan dagu. Setelah itu, arahkan ujung neti pot pada lubang hidung yang paling tinggi (jika Anda memiringkan kepala ke kanan, arahkan ujung neti pot pada lubang hidung kiri). Larutan garam kemudian akan masuk ke dalam lubang tersebut dan mengalir melalui rongga hidung, kemudian keluar melalui lubang hidung yang lain. Jika larutan masuk ke dalam mulut, Anda hanya perlu memuntahkannya. Setelah itu, keluarkan lendir dari hidung dan ulangi proses pada lubang hidung yang lain. 
  • Jika Anda mengalami masalah sinus yang serius atau alergi, Anda bisa melakukan pembersihan menggunakan neti pot setiap hari. Setelah gejala-gejala penyakit mereda, Anda bisa menggunakannya tiga kali seminggu.
  • Pastikan neti pot selalu dalam keadaan bersih sebelum digunakan.
  • Selalu gunakan air distilasi, steril, atau air yang sudah dimasak dan didinginkan ketika Anda perlu menggunakan neti pot. 

Lakukan perawatan uap sendiri di rumah

Mandi atau berdirilah di bawah pancuran air panas selama 10-20 menit, dengan suhu air terhangat yang mampu Anda tahan. Bernapaslah dalam-dalam agar paru-paru dan rongga hidung terisi dengan uap. Sebagai alternatif, Anda bisa mencondongkan kepala ke arah panci berisi air panas dan menutupi bagian belakang kepala dengan handuk untuk menahan uap.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak eukaliptus ke dalam air panas. Minyak eukaliptus memiliki zat-zat penenang yang membantu meredakan hidung tersumbat. 
  • Beberapa orang mengatakan bahwa teh kamomil yang ditambahkan ke air panas membantu meredakan hidung tersumbat.

Tidurlah dengan posisi kepala yang terangkat

Penyumbatan dapat berpindah ke rongga atau saluran pernapasan yang lain ketika Anda tidur dengan posisi tubuh yang miring, sehingga penyumbatan menjadi lebih buruk. [Jika memungkinkan, tahan kepala Anda dengan beberapa buah bantal ketika berbaring dan tidurlah dengan posisi tubuh telentang.


Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Solusi Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Cepat"