Ringkasan Materi Ujian Kompetensi Departemen Manajemen Keperawatan

Ilustrasi

KODE ETIK KEPERAWATAN
1.       Autonomy/menghargai hak-hak pasien dalam membuat keputusan tentang keperawatannya.
Contoh
Pasien memiliki diagnose medis SNH hari ini seorang perawat akan melakukan implementasi ROM pasif membantu pasien makan. Sebelum mengajari 3 hal tsb pasien diberi kesempatan untuk memilih latihan yang mana yang akan dilakukan.
2.       Justice / keadilan
Contoh
Diruang rawat mentari terdapat 2 kelas perawatan yaitu kelas satu dan kelas dua, saat dinas pagi ada 2 pasien yang sedang membutuhkan bantuan perawat, perawat anton mengganti cairan infuse kelas satu dengan ramah dan penuh senyum namun saat menganti cairan infuse dikelas dua perawat anton tampak cemberut.
3.       Beneficience/ berbuat baik
Contoh
Perawat menasehati klien tentang program latihan untuk memperbaiki kesehatan secara umum, tetapi perawat menasehati untuk tidak dilakukan karena alesan resiko serangan jantung.
4.       Fidelity/ menepati janji
Contoh
Seorang perempuan 28 th di rawat diruang penyakit dalam dengan keluhan BAB encer sejak 2 minggu yang lalu, pasien sudah diberitahu oleh perawat bahwa menderita HIV, pasien meminta kepada perawat untuk merahasiakan penyakitnya kepada siapa pun, perawat menyetujui permintaan pasien tersebut.
5.       Confidentiality/ kerahasiaan
Contoh
Saat perawat sedang melakukan perawatan pada genetalia pasien perawat lupa menutup korden jendela sehingga salah satu lansia lain melihat tindakan yang dilakukan perawat tersebut.
6.       Nonmaleficience/ tidak merugikan
7.       Veracity /kejujuran

GAYA KEPEMIMPINAN
1.       Demokratis
Definisi pemimpin yang selalu mendengar dan mempertimbangkan atas masukan masukan dari para pegawainya.
Contoh
Disebuah ruang perinatalogi terlihat kepala ruang dan para perawat sangat dekat. Kepala ruang perinatalogi sering mendisusikan tentang pelayanan yang lebih baik dan para perawat pun aktif dalam memberikan masukan masukan.  
2.       Otoriter
Definisi gaya pemimpin yang memusatkan pada segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh.
Contoh
Dalam menjalankan tugas para perawat dibangsal bedah saraf harus sesuai tujuan yang telah ditentukan oleh kepala ruang, tidak ada sedikit pun bantahan dari perawat untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang diinginkan kepala ruang.
3.       Laisez faire
Definisi pemimpin memberikan dan membiarkan pegawainya untuk melakukan kinerja masing masing sesuka hati
Contoh
Seorang kepala ruang disuatu bangsal memberikan kepercayaan penuh kepada para pegawainya untuk melaksanakan tugas masing masing, kepala ruang hanya menerima laporan perkembangan kinerjanya.  
4.       Otokratis
Definisi ketergantungan kepada yang berwenang dan tidak akan melakukan apa apa kecuali jika diperintah  
5.       Karismatik
Definisi suatu hubungan emosional antara pemimpin dan anggota kelompok yang dipimpin.

METODE PRAKTEK KEPERAWATAN PROFESIONAL 
Metode Fungsional
Contoh
Seorang perawat bernama heyna bekerja di ruang penyakit dalam, dalam ruangan tersebut pasiennya sangat banyak tetapi perawat tidak sebanding dengan jumlah pasien yang ada. Ruangan tersebut kekuarangan perawat pelaksana, suster heyna sangat ahli dalam melakukan tugas debridement setiap harinya, disamping itu ada perawat yang lain yang tugasnya memberikan obat dan ada pula yang memantau vital sign.

Metode TIM
Membagi perawat menjadi beberapa kelompok dengan setiap kelompok memiliki penanggung jawab sebagai ketua
Contoh
Dalam pemberian tugas IGD kepala ruang membagi tugas perawat pelaksana dalam beberapa kelompok, kepala ruang memiliki harapan agar mencapai pelayanan yang professional. Perawat yang dipilih untuk menjadi penanggung jawab terhadap anggotanya. Perawat untuk menjadi penanggung jawab merupakan perawat yang sudah memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan dengan anggotanya.    

Metode KASUS
Definisi penjelasan dari pelayanan asuhan keperawatan dengan model kasus yaitu pemberian asuhan keperawatan yang secara menyeluruh dengan satu penanggung jawab sehingga pasien akan merasa puas dan perawat bekerja secara professional.
Contoh
Diruang  hemodialisa terdapat 15 tempat tidur setiap harinya 15 tempat tidur tersebut selalu ditempati pasien yang sudah terjadwal untuk cuci darah demi menjangkau kualitas mutu pelayanan yang baik pihak rumah sakit menjadwalka untuk satu pasien satu perawat.

Metode Primer
Definisi pemberian asuhan keperawatan yang menugaskan kepada perawat yang bertanggung jawab penuh terhadap keadaan pasien selama 24 jam dengan kinerja mulai pengkajian, evaluasi hingga pasien pulang dengan dibantu perawat pelaksana.
Contoh
Diruang asoka terdapat 9 perawat setiap shift pagi dengan kepala ruang. Dalam pemberian asuhan keperawatan yang berkualitas, kepala ruang menugaskan setiap perawat memiliki tanggung jawab penuh selama 24 jam bagi pasiennya dengan dibantu perawat pelaksana.

FUNGSI MANAJEMEN KEPERAWATAN

Planning (perencanaan)
sebuah proses yang dimulai dengan merumuskan tujuan organisasi sampai dengan menyusun dan menetapkan rangkaian kegiatan untuk mencapainya, melalui perencanaan yang akan dapat ditetapkan tugas -  tugas staf. Dengan tugas ini seorang pemimpin akan mempunyai pedoman untuk melakukan supervisi dan evaluasi serta menetapkan sumber daya yang dibutuhkan oleh staf dalam menjalankan tugas- tugasnya 

Organizing (pengorganisasian)
adalah rangkaian kegiatan manajemen untuk menghimpun semua sumber data yang dimiliki oleh organisasi dan memanfaatkannya secara efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Actuating (directing, commanding, coordinating) atau penggerakan
adalah proses memberikan bimbingan kepada staf agar mereka mampu bekerja secara optimal dan melakukan tugas- tugasnya sesuai dengan ketrampilan yang mereka miliki sesuai dengan dukungan sumber daya yang tersedia.

Controlling (pengawasan, monitoring)
adalah proses untuk mengamati secara terus menerus pelaksanaan rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi terhadap penyimpangan yang terjadi.

PERHITUNGAN RUMUS BOR, ALOS,DLL
BOR
RUMUS =
jumlah perawat x 100% ÷ ( Jumlah tempat tidur x jumlah 1 periode)

ALOS
Jumlah lama dirawat ÷ jumlah pasien keluar

TOI
Rumus
( Jumlah tempat tidur x jumlah 1 periode )  Hari perawatan  ÷ jumlah pasien keluar

http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ringkasan Materi Ujian Kompetensi Departemen Manajemen Keperawatan"

Post a Comment