Begini Cara Pemakaian APAR "Cara LACA PASS"



Sebelum melakukan prosedur pemakaian APAR, lakukan persiapan terlebih dahulu (“LACA”):
  1. Larilah menuju tempat APAR terdekat. Jadi setiap karyawan wajib mengetahui dimana tempat APAR terdekat yang ada di sekitar tempat kerjanya. Termasuk tempat MCB listrik kalau diperlukan untuk memadamkan listrik pada saat terjadi kebakaran karena korsleting listrik.
  2. Ambillah tabung APAR dari tempatnya. Tabung ada ditempatkan bermacam macam. Kalau ditempatkan di dalam kotak yang berkaca, ambillah kuncinya dengan memecahkan kaca.
  3. Cek isi tabung APAR. Dengan melihat manometer penunjuk atau dengan mengocok isi tabung. Bisa juga dengan mencoba mengeluarkan isi tabung sedikit.
  4. Angkat tabung menuju lokasi kebakaran.

Kemudian lakukan prosedur penggunaan APAR. Berikut cara penggunaan tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) metode PASS :
  1. Pull atau PIN ditarikhingga segel putus atau terlepas. Pin berada diatas Tabung A.P.A.R (Alat Pemadam Api) Pin juga berfungsi sebagai pengaman handle atau pegangan dari penekanan Alat Pemadam Api yang tidak disengaja.
  2. Aim atau Arahkan nozzle atau ujung hose Alat Pemadam Api yang kita pegang ke arah pusat api.
  3. Squeeze atau Satukan. Tekan handle atau Pegangan Untuk mengeluarkan/menyemprotkan isi tabung. Pada beberapa merk handle penyemprot terletak Dibagian ujung hose.
  4. Sweep atau Sapukan nozzle yang kita pegang ke arah Kiri dan Kanan api, agar media yang disemprotkan merata mengenai api yang sedang terbakar. Lakukan dengan jarak sekitar 2 meter dari titik api. Hindari berlawanan dengan arah angin.



http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Pemakaian APAR "Cara LACA PASS""

Post a Comment