Literasi Perawat ~ Apa yang anda kerjakan beberapa bulan ini mulai dari lokakarya,workshop akreditasi puskesmas, penyusunan dokumen, self assasment, implementasi sampai pada pra survey akan sementara bermuara pada penilaian / survey akreditasi puskesmas. Puskesmas akan di nilai oleh tim akreditasi nasional dan akan mendapat pengakuan tertulis apa hasilnya. Apakah hasilnya remedial, dasar, madya, utama atau paripurna.
Kalo saya sendiri berpendapat bahwa grade / hasil ini sangat penting karena akan mengangkat brand dari core bisnis puskesmas. Kita di akui secara uji independen dengan sistem penilaian yang ada telah masuk pada level apa ? pertanyaannya adalah bagaimana mempersiapkan puskesmas kita ketika akan dilakukan survey akreditasi ?
Di bawah ini saya akan memberikan sedikit gambaran tentang simulasi pertanyaan Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas untuk Bab 1 dan Bab 2:
Pertanyaan surveyor akreditasi untuk Bab I (Perencanaan Puskesmas)
- Jenis-jenis pelayanan apa saja yang ada di Puskesmas ini
- Apa yang menjadi dasar menentukan /memprioritaskan jenis-jenis pelayanan yang disediakan
- Bagaiman puskesmas melakukan sosialisasi /pemberian informasi kepada masyarakat tentang jenis-jenis pelayanan yang disediakan
- Apakah sudah dilakukan evaluasi terhadap penyampaian informasi kepada masyarakat dan bagaimana tindak lanjutnya
- Bagaimana proses perencanaan di Puskesmas ini
- Bagaimana puskesmas melakukan analisis kebutuhan masyarakat Upaya-upaya
- Upaya-upaya apa saja yang saudara lakuan untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat
- Siapa saja yang terlibat dalam proses penyusunan perencanaan puskesmas
- Bagaimana saudara menyelaraskan perencanaan yang saudara susun dengan visi, misi, tupoksi, tata nilai
- Bagaimana saudara menyelaraskan perencanaan puskesmas dengan renstra dinas kesehatan
- Pengembangan dan inovasi apa saja yang dilakukan di Puskesmas ini
- Bagaimana cara-cara monitoring dalam peneyelenggaraan pelayanan di puskesmas baik UKM maupun UKP. Indikator-indikator apa saja yang digunakan ?
- Pernahkan dilakukan review dan revisi terhadap rencana yang disusun akses (1.2)
- Bagaimana koordinasi dan komunikasi dilakukan di Puskesmas ?
- Bagaimana saudara menyepakati jadual pelaksanaan kegiatan baik UKM maupun UKP
- Upaya-upaya apa saja yang saudara lakukan untuk menerima keluhan dan umpan balik dari masyarakat
- Apakah sudah dilakukan anlisis, dan bagaimana hasil serta tindak lanjutnya
- Apakah sudah dilakukan evaluasi akses masyarakat terhadap pelayanan/informasi, maupun akses untuk menyampaikan keluhan di Puakesmas dan bagaimana tindak lanjutnya evaluasi (1.3) Bagaimana
- Bagaimana proses penilaian kinerja dilakukan di puskesmas ini Bagaimana
- Bagaimana hasilnya, dan bagaimana tindak lanjutnya
Pertanyaan Surveyor untuk BAB II Tata Kelola Sarana Puskesmas (2.1)
- Apakah puskesmas mempunyai ijin operasional
- Bagaimana puskesmas mengupayakan penataan ruangan agar memenuhi kebutuhan pelayanan ?
- Bagaimana puskesmas mengakomodasi pengguna yang memerlukan kebutuhan khusus, misalnya usia lanjut, anak-anak, dan orang dengan difable, maupun kendala bahasa/budaya?
- Pernahkah dilakukan evaluasi ketersediaan sarana dan prasarana puskesmas
- Bagaimana proses pemeliharaan sarana dan prasarana puskesmas, adakah penanggung jawabnya, adakah jadwal pemeliharaannya, bagaiman pelaksanaan, dan bagaimana monitoring dan tindak lanjutnyalanjutnya
- Bagaimana puskesmas mengupayakan ketersediaan peralatan baik medis dan non medis
- Bagaimana pemeliharaan peralatan medis maupun non medis dilakukan di puskesmas
- Bagaimana saudara melakukan monitoring fungsi peralatan medis dan non medis
- Bagaimana kalibrasi peralatan di puskesmas
- Adakah peralatan yang memerlukan ijin Ketenagaan Puskesmas (2.2)
- Apakah kepala puskesmas adalah tenaga kesehatan, apa persyaratannya, dan bagaimana pemenuhannya
- Apakah sudah dilakukan analisis kebutuhan tenaga ? adakah pola ketenagaan, dan apakah sudah dilakukan analisis dan pemetaan kompetensi, dan bagaimana tindak lanjutnya Kegiatan Pengelolaan Puskesmas (2.3)
- Adakah struktur organisasi puskesmaspuskesmas
- Apakah pernah dilakukan review, dan bagaimana tindak lanjutnya
- Bagaimana alur komunikasi dan koordinasi dilakukan di puskesmas ini
- Adakah uraian tugas ? Bagaimaan saudara melakukan sosialisasi uraian tugas ?Bagaimana saudara memonitor dan mengecaluasi pelaksanaan uraian tugas ?
- Apakah dilakukan orientasi bagi karyawan baru ? Bagaimana prosesnya ? Adakah kerangka acuannya dan bagaimana bukti pelaksanaanya
- Upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi ? bagaimana peluang untuk meningkatkan kompetensi di Puskesmas ini ? Bagaimana karyawan mendapatkan informasi tentang adanya kesempatan untuk meningkatkan kompetensi ?
- Apa visi, misi, tujuan dan tata nilai yang berlaku di puskesmas ini (kalau sudah dipaparkan dalam presentasi, tidak perlu ditanyakan lagi, keculai untuk cross chek apakah sosialisasi sudah dilakukan, perhatikan karyawan tidak perlu hafal, persilahkan untuk melihat catatan)
- Bagaimana cara sosialisasi visi, miti, tujuan dan tata nilai tersebut
- Apakah visi, misi, tujuan dan tata nilai pernah direview, bagaimana mekanismenya, dan bagaimana hasilnya ?
- Bagaimana melakukan monitoring kinerja puskesmas
- Bagaimana melakukan monitoring akuntabilitas para penanggung jawab dan pelaksana ?
- Bagaimana para penanggung jawab memperoleh umpan balik dari pelaksana
- Bagaimana koordinasi dan komunikasi lintas program (komunikasi dan koordinasi internal) dan lintas sector dilakukan
- Apakah peran masing-masing lintas program dan lintas sector pada kegiatan puskesmas sudah diidentikasi
- Apakah sudah dilakukan evaluasi terhadap peran mereka masing-masing dan bagaimana hasil dan tindak lanjutnya
- Apakah sudah dilakukan kajian dampak pelayanan puskesmas terhadap lingkungan, apakah register risiko baik risiko yang terkait dengan kondisi fasilitas, penyelenggaraan UKM, maupun UKP sudah disusun ?
- Pernahkah terjadi kejadian tidak diharapkan maupun insiden dalam penyelenggaraan pelayaan ? Bagaimana tindak lanjutnyalanjutnya
- Apakah sudah dilakukan identifikasi jaringan dan jejaring puskesmas ? Bagaimana proses pembinaan dan bagaimana tindak lanjut dan evaluasinya ?
- Bagaimana keterlibatan para penanggung jawab/coordinator dalam pengelolaan keuangan puskesmas ?
- Bagaimana proses pengelolaan keuangan di puskesmas ini, adakah penanggung jawabnya…..dst.
- Bagaimankah dilakukan identifikasi data dan informasi yang harus disediakan ? Bagaimana proses pengelolaan data dan informasi di puskesmas ini (tanyakan mulai dari pengumpulan, penyimpanan, pencarian kembali, distribusi dan pemanfaatan) Hak dan kewajiban pengguna (2.4)
- Apa saja hak dan kewajiban pelanggan puskesmas ? Referensi apa yang digunakan ? Bagaimana sosialisasinya
- Bagaimana upaya untuk memenuhi hak-hak pelanggan
- Adakah peraturan internal, dan bagaimana proses penyusunannya ?Kontrak Pihak Ketiga (2.5).
- Adakah kontrak dengan pihak ketiga ? Apakah dalam dokumen kontrak jelas ukuran kinerja pihak ketiga ? Bagaimana monitoring dan evaluasi kinerja pihak ketiga, mana hasilnya, dan apa tindak lanjutnya
Itulah simulasi pertanyaan surveyor akreditasi Puskesmas semoga bermanfaat bagi publik yang membacanya
Penulis: Iwansyah
Founder Suara Literasi Perawat Indonesia
NB: Blog ini sudah terpasang anti copas (copy paste) sehingga bagi anda yang menginginkan file aslinya silahkan berurusan langsung dengan foundernya👆👆atau bisa chat watshappnya disini.👉👉(081242949477)
NB: Blog ini sudah terpasang anti copas (copy paste) sehingga bagi anda yang menginginkan file aslinya silahkan berurusan langsung dengan foundernya👆👆atau bisa chat watshappnya disini.👉👉(081242949477)
Bagaimana dengan pertanyaan BAB 7.mohon pencerahannya.trims
ReplyDelete