Soal Ujian Kompetensi Departemen Manajemen I


Kasus 1
Seorang perawat telah memegang jabatan sebagai kepala ruangan di ruang perawatan Mawar selama 7 tahun. Selama masa kepemimpinannya meras sangat dihargai dan dipercayai oleh bawahannya. Apapun yang menjadi keputusannya harus selalu dipatuhi dan dilaksanakan walaupun kendalanya cukup banyak. Tidak boleh ada bawahan yang melawan.

Pertanyaan soal
Apa tipe kepemimpinan dari perawat diatas?
Pilihan jawaban
a.       Kharismatik
b.       Laissez Faire
c.       Demokratis
d.       Situasional
e.       Otoriter

Kasus 2
Seorang kepala ruangan disebuah ruang perawatan membawahi 30 staf perawat yang terdiri dari katim dan perawat pelaksana. Kepala ruangan tersebut membiarkan katim dan staf perawat lain bekerja sendiri karena menurutnya mereka sudah mampu mengerjakan tanpa pengawasan ketat

Pertanyan soal
Apa tipe kepemimpinan dari kepala ruangan diatas?
Pilihan jawaban
a.       Kharismatik
b.      Laissez Faire
c.       Demokratis
d.       Situasional
e.       Otoriter

Kasus 3
Seorang perawat pelaksana mempresentasikan kondisi klien kepada semua tim di ruang rawat inap. Perawat tersebut mempresentasikan di ruyangan klien dengan melibatkan dokter, petugas gizi dan farmasi untuk didiskusikan dan dicari penyelesaiannya. Sebelumnya sudah meminta persetujuan pada klien dan keluarga. Klien yang dipresentasikan merupakan klien dengan masalah khusus yang kompleks.

Pertanyan soal
Apa kegiatan yang dilakukan perawat tersebut?
Pilihan jawaban
a.       Conferens
b.       Orientasi
c.       Operan
d.      Ronde keperawatan
e.       Diskusi kasus
Kasus 4
Seorang kepala ruangan ditugaskan oleh bidang keperawatan di bangsal yang memiliki maslah pelayanan keperawatan diantaranya ketenagaan dan fasilitas yang kurang memadai. Untuk menyelesaikan masalah tersebut kepala ruangan melakukan kegiatan analisa situasi masalah, memperoleh informasi mengenai maslah dan membuat target jangka pendek dan jangka panjang.

Pertanyan soal
Apa kegiatan yang dilakukan perawat tersebut dilihat menurut konsep manajemen?
Pilihan jawaban
a.       Planning
b.       Organizing
c.       Actuating
d.       Controlling
e.       Evaluating

Kasus 5
Seorang pasien anak berumur 3 tahun rawat inap dengan kasus thypoid tiba-tiba mengalami panas tinggi dan gelisah. Setelah mendapatkan informasi dari keluarga perawat asosiate yang shift saat itu segera melakukan penangan berupa kompres hangat. Pemberian obat penurun panas dan menghubungi dokter penanggung jawab pasien.

Pertanyan soal
Apa yang dilakukan perawat tersebut dilihat dari dimensi pelayanan?
Pilihan jawaban
a.       Responsiveness
b.       Reliability
c.       Tangible
d.       Assurance
e.       Empaty

Kasus 6
Seorang kepala ruangan baru bertugas selama 1 bulan di ruang icu. Sejak ia bertugas, ia menemukan bahwa para perawat pelaksana sering terlambat datang ke ruangan, menunda pengisian dokumen keperawatan, dan lamban dalam merespon keluhan pasien. Setelah mengetahui kondisi tersebut, kepala ruangan melakukan supervisi secara rutin kepada para perawat pelaksana dan melakukan root cause analysis terhadap kinerja perawat yang belum optimal.

Pertanyan soal
Berdasarkan kasus di atas, teori motivasi apakah yang diaplikasikan oleh kepala ruangan tersebut?
Pilihan jawaban
a.       Teori Maslow, 1954
b.       Teori Alderfer, 1972
c.       Teori Herzberg, 1959
d.       Teori McClelland, 1961
e.       Teori Skinner, 1948

Kasus 7
Seorang perawat sedang menjalani masa orientasi selama 3 bulan di sebuah ruang rawat anak yang berkapasitas 20 tempat tidur. Saat dinas malam, ia selalu bertugas sendirian. Ia telah melaporkan kondisi tersebut kepada ketua tim-nya dan menurut ketua tim hal itu sudah sering terjadi karena keterbatasan tenaga. Ketua tim menyarankan agar perawat melaporkan kondisi tersebut kepada kepala ruangan. Namun, kepala ruangan sangat sibuk dan sulit ditemui.

Pertanyaan soal
Gaya kepemimpinan apakah yang digunakan oleh kepala ruangan di atas ?
Pilihan jawaban
a.       Otokratik
b.       Directive
c.       Partisipatif
d.      Laissez-Faire
e.       Demokratik

Kasus 8
Seorang kepala ruangan di ruang penyakit dalam menemukan tiga orang perawat pelaksanaannya selalu tidak hadir saat dinas malam dan mendelegasikan tugasnya kepada perawat lain. Saat dilakukan pengkajian ditemukan bahwa kinerja ketiga perawat ini menurun sejak mereka bekerja paruh waktu di institusi lain. Menyikapi hal tersebut, kepala ruangan menerapkan denda Rp. 50.000,- kepada perawat yang tidak hadir/terlambat datang.

Pertanyaan soal
Berdasarkan situasi di atas, teori manajemen apakah yang mendasari sikap kepala ruangan tersebut?
Pilihan jawaban
a.       Teori Taylor
b.      Teori McGregor
c.       Teori Fayol
d.       Teori Mayo
e.       Teori Argyris

Kasus 9
Seorang perawat pelaksana di Ruang Bedah Orthopedi diberi tugas untuk merawat 5 orang pasien dengan derajat ketergantungan sebagai berikut : 1 orang total care, 1 orang partial care, dan 3 orang minimal care. Saat dilakukan pengkajian, pasien dengan total care tampak bingung, kondisi fisiknya buruk, selalu inkontinensia, sulit bergerak, dan pergerakannya hanya terbatas di tempat tidur. Saat mengkaji pasien, perawat tersebut menggunakan Norton Scale.

Pertanyaan soal
Berdasarkan instrumen Norton Scale, kondisi Tn. A masuk ke dalam kategori yang mana?
Pilihan jawaban
a.       Resiko tinggi dekubitus
b.       Dekubitus Grade 1
c.       Dekubitus Grade 2
d.       Dekubitus Grade 3
e.       Dekubitus Grade 4

Kasus 10
Seorang perawat primer di Ruang Rawat Bedah Saraf memimpin ronde keperawatan terhadap 10 orang pasien kelolaan dalam timnya. Saat melakukan ronde, ditemukan 1 orang pasien mengalami flebitis pada lokasi pemasangan infus. Pada pengkajian yang menggunakan Visual Infusion Phlebitis (VIP) Score, ditemukan kemerahan dan pembengkakan pada area pemasangan infus, serta nyeri saat dilakukan penekanan sepanjang kanul intra vena.

Pertanyaan soal
Saran apakah yang harus diberikan oleh perawat primer kepada perawat pelaksana terkait kondisi flebitis pasien di atas?
Pilihan jawaban
a.       Observasi kanul
b.       Ubah posisi kanul
c.       Ubah posisi kanul dan pertimbangan perawatan
d.       Memulai perawatan
e.       Tidak perlu perawatan

http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Ujian Kompetensi Departemen Manajemen I"

Post a Comment