Perawat Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa


Literasi Perawat ~ Sudah sejak zaman pra kemerdekaan, peran perawat sangat besar. Kalau kita mau belajar sejarah, bertanya pada orang tua kita, membuka mata kita dan membuka hati kita, maka akan kita temukan mutiara yang indah dalah sejarah perawat. Sampai saat ini mutiara itu masih ada.

Kalau mau dikaji, berikut ini data dan fakta dilapangan yang didapat dari sejarah masa lalu :

  1. Perawat bekerja 24 jam non stop, untuk melayani pasien apapun, dimanapun, kondisi apapun, tarif berapun. Meskipun sering dimusuhi, tetap saja melayani masyarakat.
  2. Perawat dapat bekerja dalam situasi apapun, baik dalam sedih, susah, sengsara, uang sedikit atau yang lainnya
  3. Perawat ditugaskan menjadi profesi macam-macam. Kadang sebagai dokter : harus mengobati orang, suntik, operasi kecil, dan semua tugas dokter dikerjakan.
  4. Perawat juga ditugaskan sebagai kepala puskesmas atau pustu, mengatur, mengelola, melaksanakan program, dipaksa bekerja,dll
  5. Perawat juga ditugaskan sebagai petugas imunisasi, nyuntik balita
  6. Perawat ditugaskan memberikan penyuluhan, pencerahan kesehatan
  7. Perawat juga disuruh membuat laporan kesehatan, mengelola administrasi kesehatan, dll
  8. Perawat juga disuruh menolong orang mau melahirkan, disuruh operasi kecil, memasang infus, dan menyelamatkan jiwa pasien

Itu hanya sebagian kisah kebesaran Perawat. Coba tanya kepada Bapak Presiden atau bapak menteri yang berasal dari daerah, sewaktu bayi atau kecil, siapa yang mengobati atau nyuntik, atau merawat, jawabannya kakek neneknya sebagian besar tentu perawat.

Saat ini, setelah mengalami kemajuan hebat secara ekonomi, Bangsa Indonesia melupakan pahlawan ini, mutiara ini. Selain di kriminalkan, dipenjara, dikejar kejar, dimusuhi, baik oleh instansi atau oleh profesi kesehatan lainnya. Sudahkan kita melihat dunia ini lebih adil dan beradab, apakah ilmu kita sudah tinggi, atau karena kita merasa paling berjasa ?

Pahlawan tanpa tanda jasa adalah pahlawan yang tidak hanya pintar bicara, pintar demo, pintar membuat undang undang yang menguntungkan diri sendiri, pandai membuat SPJ palsu, pandai diplomasi, kompak. Pahlawan tanpa tanda jasa adalah pahlawan yang bekerja atas dasar nurani, mengorbankan diri untuk melayani dan memperjuangkan orang banyak. Bukan pahlawan yang hanya melihat gaji dan tunjangan saja.

Perawat adalah salah satu pahlawan tanpa tanda jasa itu. Kalau bangsa ini tidak memberikan hal yang terbaik bagi pahlawan ini, Tuhan punya kuasa untuk melaksanakan hukum alamnya. Penyakit dan keruntuhan moral akan menjangkiti para penikmat hak pahlawan ini.

Tetapi, lihat kaca mata ini jangan hanya dari kota besar, lihatlah di pelosok desa atau pegunungan. Jangan lihat sekarang saja.
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Perawat Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa"