Simple.!!! Ternyata Begini Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Pasien


Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pelecehan seksual terhadap pasien.

Pertama, rumah sakit perlu membuat sistem yang komprehensif untuk memastikan pasien tidak sendirian jelang atau usai dianestesi (pembiusan). Sebab dalam kondisi dibius, seorang pasien tidak berdaya melakukan apa pun. Harus ada sistem yang memungkinkan tidak hanya seorang di sana

Kedua, rumah sakit harus menjadikan pertimbangan moral dan pembinaan etika sebelum memperkerjakan pekerja medis baik dokter maupun perawat. Ini penting karena setiap pasien telah mempercayakan nasibnya kepada dokter atau perawat untuk diambil tindakan medis. Jangan sampai kepercayaan itu disalahgunakan.

Ketiga, pasien berhak ditemani orang yang memiliki ikatan keluarga langsung dengannya. Seperti misalnya orang tua  menemani anaknya, suami menemani istrinya.

"Tindakannya itu yang menyangkut privasi misalnya membuka anggota tubuh sensitif seperti melahirkan,"

Pasien juga berhak memilih, menolak, dan menyetujui sebuah tindakan medis. Mereka juga berhak memilih dokter atau tenaga kesehatan yang akan melayaninya.

Keempat, Para korban berani bersuara apabila mendapati tindakan pelecehan.

Ada empat hal yang diatur dalam kode etik perawat terhadap klien:

  1. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan menghargai harkat dan martabat manusia, keunikan klien, dan tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik, dan agama yang dianut serta kedudukan sosial.
  2. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan senantiasa memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya, adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama dari klien
  3. Tanggung jawab utama perawat adalah kepada mereka yang membutuhkan asuhan keperawatan.
  4. Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui sehubungan dengan tugas yang dipercayakan kepadanya kecuali jika diperlukan oleh berwenang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Oleh karena itu setiap institusi pendidikan keperawatan memperkuat kesadaran kode etik kepada para calon perawat. Hal ini agar para perawat yang telah terjun ke dunia kerja bisa memahami sejauh mana batasan etika yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap pasien.

http://suaraliterasiperawatindonesia.blogspot.co.id/ "Seorang penulis pemula yang sedang belajar mengasah diri menjadi lebih baik"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simple.!!! Ternyata Begini Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Pasien"

Post a Comment