Tips dan Trik untuk lulus Nusantara Sehat


SLPI - Nusantara sehat merupakan upaya kesehatan terintegrasi mencakup aspek preventif, promotif dan kuratif melalui penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatsan dan Kepulauan (DTPK) serta Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Jadi pastikan anda sudah siap bekerja secara tim dan mempunyai bayangan untuk ditempakan dilokasi DTPK dan DBK tapi gak usah bayangin yang macam-macam ya karena sebelum kita ditempatkan lokasi kita sudah disurvey oleh tim dari Kementrian Kesehehatan dan dipastikan aman selama kita masa tugas.

Tenaga Kesehatan apa saja dan tujuan diselenggarakannya program NS apa ya?

Peserta program nusantara sehat adalah para profesional dengan latar belakang kesehatan antara lain Dokter, Dokter Gigi, Tenaga Farmasi, Perawat, Bidan, Ahli Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Ahli Laboratorium Medik dan Tenaga Kesehatan Masyarakat yang bersedia ditempatkan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di DTPK dan DBK diseluruh wilayah Indonesia selama 2 tahun. Ke-9 profesi ini merupakan profesi-profesi yang menjadi ketentuan untuk bergabung dan berkolaborasi menjadi Tim Nusantara Sehat.
Adapun tujuan dilaksanakannya program NS secara umum adalah untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK.

Secara lebih khusus Tim Nusantara Sehat mampu meberikan pelayanan kesehatan untuk menjangkau daerah terpencil, menjaga keberlangsungan pelayanan keesehatan, menangani masalah kesehatan sesuai dengan kebutuhan daerah, meningkatkan ketersediaan tenaga kesehatan yang bertugas, melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat, pelayanan kesehatan yang terintegrasi, serta peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Sebelum mendaftar bagi saya pribadi poin ini harus bin wajib anda pahami karena sangat lucu bahkan ironi ketika seorang intervewer bertanya tentang tujuan nusantara sehat kepada anda tapi anda bingung atau bahkan tidak tahu. Logikanya ngapain daftar kalau gak tau mau ngapain. Sebagai analogi sederhana juga ketika anda mau naik angkot terus Abang supirnya nanya dan kamu bilang gak tau.

Paling-paling supirnya nyuruh kamu berdiri di belakang kenalpot terus dia gas kenceng-kenceng biar kamu hirup semua gas nya sekalian. hahaha. Becanda dikit biar gak terlalu tegang. Intinya pahami dulu tujuannya baru daftar biar niat kamu yang awalnya masih fifty-fifty bisa full ketika merasa tujuan NS ini klop dengan tujuan atau harapan kamu. Dan atau mungkin sebaliknya malah gak jadi daftar.

Terus berapa lama proses seleksi hingga benar-benar dinyatakan lolos sebagai Tim Nusantara Sehat?

Kalau jawaban poin ini panitia seleksi yang lebih tahu pastinya, saya hanya akan memberikan gambaran berdasarkan pengalaman dulu. Pertama registrasi online sesuai jadwal yang ditentuka panitia.
Bagi anda yang pertama kali melakukan registrasi berarti harus membuat akun terlebih dahulu pada halaman website yang telah disediakan dan setelah itu baru bisa login untuk mengisi formulir data diri dan pemberkasan, sementara anda yang telah memiliki akun karena telah mendaftar pada batch sebeelumnya dapat langsung menggunakan akun yang sama untuk login pada pengisian formulir dan essay.
Proses ini mencakup pemberkasan dan pembuatan Essay. Dimana pengumuman atau proses seleksi tahap 1 ini antara 2 sampai 3 minggu dari waktu pendaftaran ditutup.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap 1 selanjutnya akan mengikuti seleksi tahap 2 diregion-region yang telah ditentukan panitia, dimana bagi anda yang berasal dari kota dimana di kota tersebut seleksi tahap ke 2 tidak dilaksanakan anda bisa langsung ke Jakarta atau memilih region terdekat.

Adapun seleksi tahap ke 2 mencakup Psikotest, Focus Grup Discussion (FGD) dan Wawancara. Dimana jarak waktu pengumuman dari seleksi tahap 2 ini hampir sama dengan seleksi tahap 1. Terakhir bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap 2 akan mendapat panggilan untuk mengikuti pembekalan Tim Nusanatara Sehat ditempat yang telah ditentukan panitia.

Apa saja yang dilakukan oleh Tim Nusantara Sehat setelah lolos dan terpilih?

Sebelum ditempatkan dilokasi penugasan masing-masing, seluruh peserta yang dinyatakan lolos hingga seleksi tahap 2 terlebih dahulu akan mendapatkan pembekalan selama kurang lebih 40 hari. Untuk tempat pelaksanaan pembekalan dari Batch 2 hingga 6 di laksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan TNI AD Keramat Jati Jakarta Timur.

Sangat banyak alasan kenapa pembekalan dilaksanakan di markas TNI dan sebagian jawabannya mungkin akan anda temukan pada saat masa pembekalan atau bahkan setelah penugasan.

Penulis hanya ingin memastikan bahwa setelah mengikuti kegiatan pembekalan ini semangat nasionalisme dan mental untuk menjadi abdi bangsa pun akan semakin mantap.

Karena materi yang diberikan selama masa pembekalan tidak hanya terkait keilmuan kita masing-masing dan program-program Kementrian Kesehatan RI tapi seluruh peserta juga akan diberikan materi Bela Negara dari komandan-komandan TNI di Pusdikkes.

Setelah pembekalan Tim Nusantara sehat akan menuju lokasi tugas masing-masing dengan didampingi oleh pendamping dari Kementrian Kesehatan sampai ke tempat tugas untuk kembali memastikan keamanan kita sampai ke tempat tugas. Dimana pendamping tersebut juga akan mendampingi kita selama 2 tahun saat kita membutuhkan informasi atau membutuhkan teman sharing pada saat ada kendala dilapangan.

Selama dilapangan sangat banyak yang akan kita lakukan dengan tetap fokus pada tujuan dari program NS. Untuk mampu memberdayakan masyarakat kita dituntut kreatif dan inovatif dalam melakukan pendekatan seehingga bisa berhasil. Mengenali seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan terkait menjadi kewajiban untuk mampu menyukseskan program.

Banyak hal baru, ilmu baru dan keluarga baru yang akan membuat kita bisa menikmati hari-hari dari masa tugas kita. Bahkan berdasarkan pengalaman tim serta cerita dari teman-teman nusantara sehat lainnya, dilapangan kita tidak hanya mengurusi masalah kesehatan tapi pendidikan dan masalah pangan pun menjadi inovasi kami dalam menyelesaikan masalah kesehatan yang ada ditempat tugas.

Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi selain masuk dalam daftar 9 Profesi tenaga kesehatan yang dimaksud?

Secara administrasi persyaratan yang ditetapkan oleh panitia adalah Warga Negara Indonesia (WNI), Usia maksimal 30 tahun kecuali dokter dan dokter gigi bisa hingga 35 tahun, belum menikah dan bersedia tidak menikan dulu selama 6 bulan awal penugasan (its mean bisa nikah setelah 6 bulan walaupun masih tugas), sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, berkelakuan baik, mempunyai STR yang berlaku (wajib tanpa syarat), serta palin penting bersedia ditempatkan dimana saja. Jadi kalau belum bersedia mending mikir dulu baru daftar.

Selain syarat administrasi diatas, ada beberapa kriteria yang dibutuhkan sebagai pribadi Tim Nusantara Sehat yang juga menjadi penilaian psikotes. Baca baik-baik point ini karena googling dimanapun mungkin gak bakal dapat soalnya poin ini disampaikan pada rakor kemarin dan menurut penulis ini penting. Kriteria tersebut adalah setiap pribadi NS harus memiliki :

Relationship building
Terbuka dalam memahami kebutuhan orang lain sehingga dapat terjalin hubungan yang harmonis dan saling mengisi dengan lingkungan/penduduk sekitar.

Commitmen
Mampu komitmen dengan keputusan yang sudah diambil, komit dan bertanggungjawab akan tugas-tugasnya dengan mencurahkan segenap perhatian dan kemampuan yang dimiliki untuk tercapainya tujuan tim secara khusus dan program NS secara umum.

Initiating action
Mampu bertindak dengan sikap tanpa menunggu arahan dari orang lain serta melakukan hal produktif dengan ide kreatif dalam pelaksanaan tugas.

Decision making
Mampu bertindak secara tegas, berani, cepat dan akurat berdasarkan pertimbangan yang matang dan logis (memiliki data dan fakta) sehingga permasalahan dapat teratasi dengan baik dan berdampak positif

Organization Skill
Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola berbagai sumber daya yang ada sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan sebagai anggota tim NS

Communication Skill
Mampu menyampaikan pendapat secara terbuka, asertif dan efektif. Bersedia mendengarkan pendapat orang lain dan tidak mendominasi pembicaraan

Resilince
Memiliki daya tahan yang kuat, mampu bangkit kembali setelah menghadapi situasi/hambatan yang sulit dan menguras habis pikiran, tenaga dan emosi. Kembali memiliki semangat untuk maju dan tidak terpuruk jauh

Uraian diatas merupakan poin mendasar yang harus dipahami secara mendalam sebelum melakukan pendaftaran karena akan ada korelasinya juga pada saat anda melakukan essay ataupun ketika lolos ke tahap berikutnya untuk mengikuti psikotes, FGD dan wawancara. Tulisan berikutnya akan membahas lebih berdasarkan pengalaman penulis untuk bisa bergabung dalam program Nusantara Sehat ini.

Wasalam: Iwansyah
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

1 comment for "Tips dan Trik untuk lulus Nusantara Sehat"