Dalam Dua Hari, Ini Cara Cepat Menyembuhkan Pilek

SLPI - Anda mungkin akan mengikuti acara sosial akbar pada akhir pekan ini, atau pertemuan penting di tempat kerja dalam beberapa hari. Atau, Anda ingin menyembuhkan pilek yang Anda derita. Pilek membuat Anda lelah, lemah, dan mudah marah. Pilek adalah jenis penyakit yang umum. Kita semua pernah mengalaminya, terutama di musim pilek. Sayangnya, pilek sering kali memang harus terjadi. Biasanya tubuh memerlukan waktu sekitar 7-10 hari sampai pilek sembuh. Namun, ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala pilek sehingga Anda merasa lebih baik dalam dua hari. Ada pula langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegah pilek.

Pastikan Anda terus terhidrasi.

Dokter menyarankan untuk meminum banyak cairan agar membantu mengurangi gejala pilek. Saat muncul gejala pertama pilek yaitu hidung tersumbat, mulailah minum banyak air. Minumlah air lebih banyak daripada biasanya agar tenggorokan tidak menjadi sakit.
  • Teh hijau sangat membantu ketika Anda mengalami pilek. Kandungan antioksidannya yang kaya membantu menjaga tubuh dari infeksi.
  • Semakin banyak cairan, semakin baik. Dehidrasi hanya akan memperburuk pilek.

Tetaplah beristirahat. 

Salah satu efek terburuk dari pilek adalah tubuh cenderung merasa lelah. Jangan memaksakan diri terlalu keras. Salah satu cara terbaik untuk sembuh adalah banyak beristirahat sehingga tubuh dapat memfokuskan energi dalam melawan pilek. Pergilah tidur lebih awal daripada biasanya.


Upayakan untuk tidur selama tujuh atau delapan jam per malam. Jika Anda merasa tidak enak badan, tambahkan jam tidur satu atau dua jam. Beristirahat akan membantu tubuh sembuh.

Konsumsi makanan yang tepat. 

Sup ayam, seperti yang biasa dibuat oleh mama kita dahulu, sangat dapat membantu meringankan gejala pilek dan membantu tubuh merasa lebih baik. Para ilmuwan masih meneliti manfaat sup ayam, namun sebagian penelitian menunjukkan bahwa sup ayam mengurangi penyebaran lendir sehingga mengurangi gejala pilek pernapasan atas. Studi menyatakan bahwa sup buatan sendiri maupun yang dijual di toko memiliki efek serupa.
  • Makanan lain yang juga terbukti membantu meringankan gejala pilek misalnya yoghurt, yang mengandung bakteri "baik" untuk membantu tubuh melawan infeksi.
  • Bawang putih memiliki kandungan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tambahkan bawang putih ke dalam sup ayam untuk mendapatkan manfaat lebih.
  • Makanlah jahe. Jahe dapat membantu meringankan sakit perut sehingga cocok untuk ditambahkan ke dalam sup ayam.

Gunakan ramuan herbal. 

Echinacea telah lama digunakan untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati penyakit. Studi terakhir menunjukkan bahwa echinacea sangat dapat membantu tubuh pulih lebih cepat dari sakit pilek. Namun, echinacea (dan semua rempah lainnya) memiliki efek samping. Bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi echinacea karena dapat bereaksi negatif terhadap obat atau suplemen yang Anda juga konsumsi.
  • Suplemen elderberry dapat membantu mengobati gejala pilek. Elderberry bisa didapatkan baik dalam bentuk cair atau pil. Elderberry dapat bertindak sebagai dekongestan.
  • Slippery elm dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat sakit tenggorokan. Banyak ahli herbal dan dokter yang tidak menganjurkan herbal ini kepada wanita hamil.

Bergeraklah. 

Jika Anda merasa sanggup, lakukan sedikit olahraga moderat. Jalan-jalan sebentar di luar ruangan sebelum makan siang pun sangat bermanfaat. Olahraga ringan dapat membuka saluran hidung Anda dan sementara melegakan Anda dari pilek.
  • Jangan melakukan olahraga kardio yang intens jika Anda kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Sebaliknya, lakukan olahraga ringan atau moderat.
  • Olahraga adalah pemacu mood alami sehingga Anda akan merasa lebih baik setelah melakukan sedikit olahraga.
  • Jangan berolahraga jika Anda mengalami demam, batuk, atau sakit perut, atau jika Anda lelah atau pegal.

Gunakan uap

Mandilah air panas. Mandi tidak hanya meredakan ketegangan otot, namun dapat membantu mengurangi hidung tersumbat. Sementara berada di kamar mandi, tiup satu per satu lubang hidung dengan lembut. Anda akan merasakan bahwa uap membantu melegakan pernapasan Anda.
  • Anda tetap dapat memanfaatkan uap jika tidak punya waktu untuk mandi. Tampung air panas di wastafel kamar mandi, lalu membungkuklah ke atasnya dengan handuk diletakkan di atas kepala. Bernapaslah dalam-dalam untuk memaksimalkan manfaat uap.
  • Tambahkan herbal pada pengobatan uap. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke air mandi. Sebagian riset menunjukkan bahwa kayu putih dapat membantu mengurangi batuk.
  • Gunakan juga pepermin. Mentol, yang dapat mengurangi hidung tersumbat, adalah bahan aktif utama pepermin. Tambahkan minyak pepermin ke air mandi untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dibanding uap.

Peringatan:
Jika Anda merasa terlalu sakit untuk dapat beraktivitas dengan baik di tempat kerja atau sekolah, tinggallah di rumah. Bekerja ketika tubuh benar-benar sakit bukan hanya berdampak buruk bagi Anda, namun juga dapat memperparah penyakit Anda sekaligus berisiko menularkannya kepada orang lain. Beristirahatlah jika memang harus!



Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Dalam Dua Hari, Ini Cara Cepat Menyembuhkan Pilek "