Cara Melakukan Heimlich Maneuver

SLPI - Manuver Heimlich (abdominal thrusts/desakan atau dorongan ke perut) adalah teknik respons darurat yang bisa menyelamatkan jiwa dalam beberapa detik. Manuver ini merupakan tindakan yang akan meloloskan makanan atau objek lain dari saluran pernapasan seseorang ketika tersedak, dengan memberikan tekanan ke perut dan dada, membuat objek terlempar ke luar. Tersedak biasanya terjadi tiba-tiba, jadi mengetahui bagaimana melakukan tindakan darurat ini dan bersedia menggunakan pengetahuan tersebut bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Pelajari cara melakukan manuver Heimlich dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Tentukan apakah seseorang benar-benar tersedak. 

Korban tersedak sering mengarahkan tangannya di sekitar leher dan wajah dengan panik dan putus asa. Dia tidak akan bisa bernapas atau berbicara karena saluran pernapasannya tertutup sama sekali (tidak ada udara yang mencapai paru-paru). Ini berarti dia tidak akan bisa merespons pertanyaan Anda yang menanyakan apa yang terjadi padanya, atau apakah dia memerlukan bantuan, selain menganggukkan kepala. Penyebabnya antara lain makanan, trauma karena cidera atau pembengkakan internal karena reaksi alergi yang parah. Cari gejala umum pada kerusakan saluran pernafasan total:
  • Tidak bisa bernapas, atau terlihat jelas mengalami kesulitan bernapas (perhatikan adanya ruang antara tulang rusuk dan di atas tulang selangka)
  • Tidak bisa berbicara secara efektif atau tidak sama sekali
  • Bernapas dengan keras/berisik
  • Tidak bisa batuk dengan benar
  • Warna bibir dan dalam kuku biru atau abu-abu, muka ke abu-abuan, karena kekurangan oksigen
  • Memegang leher dengan dua tangan (tanda kesedakan yang universal)
  • Kehilangan kesadaran.

Yakinkan korban bahwa Anda akan menolongnya segera. 

Hubungi nomor pertolongan darurat setelah Anda mencoba menyelamatkan korban karena tiap detik sangat berharga. Minta tolong orang lain di sekitar bila ada untuk menelepon sementara Anda berusaha menolong korban.

Posisikan korban dalam keadaan berdiri. 

Bisa juga dilakukan dengan posisi duduk apabila korban terlalu berat untuk Anda atau Anda berada di tempat sempit seperti dalam pesawat terbang; pastikan saja ada cukup ruang gerak untuk melakukan tindakan.

Lakukan dorongan pada punggung untuk korban yang benar-benar tersedak sebelum lanjut melakukan manuver Heimlich. 

Gunakan dasar telapak salah satu tangan Anda untuk memberikan dorongan punggung di antara kedua pundak korban. Apabila tidak terjadi perbaikan, cepat lakukan abdominal thrusts.

Berdiri di belakang korban. 

Berdirilah dengan kaki terpisah, untuk membuat bentuk "tripod" apabila korban pingsan atau kehilangan kesadaran (posisi ini akan membantu Anda menangkapnya dan menstabilkan kejatuhannya dengan cepat).
  • Raih korban dari belakang. Lingkari perut korban dengan tangan Anda.
  • Buat kepalan dengan tangan dominan Anda. Jempol harus mengarah ke dalam kepalan tangan. Letakkan kepalan ini tepat di atas pusar korban dan di bawah tulang dada.
  • Bungkus dengan kuat kepalan tangan Anda dengan tangan yang lain. Pastikan Anda menjauhkan jempol dari tubuh korban, untuk menghindari cidera pada tubuhnya.

Lakukan manuver Heimlich, yang juga dikenal sebagai abdominal thrusts:

Tarik ke arah dalam dan ke atas, menekan ke dalam perut korban dengan dorongan ke atas, menggunakan kekuatan yang cukup. Buat gerakan seperti huruf "J" – ke dalam, kemudian ke atas.
  • Lakukan dorongan dengan cepat dan kuat, seperti Anda mencoba mengangkat korban dari lantai (menggendong).
  • Lakukan dorongan ke perut 5 kali dengan cepat. Ulangi dorongan hingga objek lolos dan terlempar keluar. Korban akan terbatuk mengeluarkan objek yang menutup jalan pernapasannya apabila tindakan ini berhasil.
  • Gunakan kekuatan lebih sedikit apabila korbannya seorang anak kecil.
  • Apabila korban kehilangan kesadaran, hentikan dorongan secepatnya. Ketahuilah bahwa hal ini bisa terjadi apabila objek tidak berhasil keluar.

Periksa apakah pernapasannya sudah kembali normal. 

Setelah objeknya keluar, kebanyakan orang akan kembali bernapas normal. Apabila pernapasan normal belum terjadi, lanjutkan dorongan.

Langsung hubungi bantuan apabila Anda tidak berhasil meloloskan objek. 

Apabila korban tidak sadar, hentikan abdominal thrusts yang Anda lakukan:
  • Telepon nomor darurat. Minta pertolongan segerea. Minta bantuan orang lain yang ada di sana untuk menelepon apabila dimungkinkan, supaya menghemat waktu.
  • Coba bersihkan saluran pernapasan korban (periksa mulutnya dan lihat apabila Anda bisa meloloskan objek yang terlihat dan lakukan bantuan pernafasan (CPR).
  • Tetap bersama korban. Ini adalah keadaan yang mengancam nyawa dan korban bisa meninggal kapan saja; terus lakukan bantuan pernapasan untuk memperbesar kemungkinan selamat. 
Tips
  1. Belajar juga untuk melakukan manuver Heimlich pada diri sendiri. Ini bisa dilakukan untuk menyelamatkan nyawa Anda.
  2. Apabila Anda memiliki kesempatan ambil kursus pertolongan pertama Palang Merah atau organisasi sejenis melalui sekolah, kampus, atasan atau kelompok lain. Anda akan melakukan praktik langsung dengan boneka dan mempelajari aspek lain seperti isu legal, dll.
  3. Apabila menangani wanita hamil atau orang yang sangat gemuk, modifikasi teknik manuver Heimlich sebagai berikut: 1)Tempatkan tangan Anda lebih tinggi dari yang dituliskan di atas. Posisi yang tepat adalah dengan tangan pada tulang dada tepat di atas tulang rusuk bertemu. 2) Tekan keras ke dalam dada dengan dorongan cepat seperti tertulis di atas. Namun Anda tidak akan bisa melakukan dorongan ke atas yang sama.
  4. Hati-hati menangani korban yang jatuh; apabila mereka benar-benar tersedak, satu saat mereka akan kehilangan kesadaran dan jatuh. Apabila ini terjadi, bantu mereka turun ke lantai dan mulai abdominal thrusts.
  5. Apabila korban bisa batuk, dorong dia untuk melakukannya sebelum melakukan manuver Heimlich. Apabila korban bisa batuk jangan gunakan teknik ini karena mereka hanya mengalami penutupan sebagian saluran pernapasan dan harus didorong untuk membatukkan sendiri objeknya keluar. Batuk yang kuat sering kali dapat meloloskan objek penghambat pernapasan.

Peringatan:
  1. Jangan coba menepuk korban tersedak dari belakang apabila dia sedang batuk! Korban yang batuk menunjukkan penutupan sebagian, dan menepuk punggungnya bisa menyebabkan penutupan saluran udara total dengan mendorong objek jauh ke dalam. Biarkan dia membatukkan objek atau menunjukkan tanda-tanda tersedak sebelum Anda melakukan tindakan.
  2. Tersedak adalah situasi yang mengancam nyawa. Bersiaplah untuk bertindak cepat apabila seseorang mengalaminya.
  3. Apabila Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, telepon nomor darurat lokal. Petugas bisa memberi petunjuk mengenai cara menangani korban (tekan tombol pengeras suara pada telepon Anda).


 Sumber:
  1. The Merck Manual of Medical Information, Choking, p. 1690, (2003), ISBN 978-0-7434-7733-8 – research source
  2. 1,01,1MayoClinic.com, Choking:First Aid, http://www.mayoclinic.com/health/first-aid-choking/FA00025
  3. St John, The New Zealand First Aid Handbook, Choking, p. 35, (2009), ISBN 978-014-301187-3
  4. The Merck Manual of Medical Information, Choking, p. 1690, (2003), ISBN 978-0-7434-7733-8
  5. St John, The New Zealand First Aid Handbook, Choking, p. 35, (2009), ISBN 978-014-301187-3


Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Cara Melakukan Heimlich Maneuver"